Tuesday, December 13, 2011

CONTOH SOAL ALGORITMA C45

SOAL

Rumus
Dimana log2 pi bisa diartikan sbb:



Jawab 
Entrophy (total)                       = (-(7/14)*(ln(7/14)/ln(2))+ (-(5/14)*(ln(5/14)/ln(2))
                                                = 0,979869
Entrophy (kandang sendiri-ya) = (-(5/8)*(ln(5/8)/ln(2))+ (-(3/8)*(ln(3/8)/ln(2))
                                      = 0,979869
Dst
Kunci pencarian entrophy
-          Jika diantara kolom “Ya” atau “Tidak” ada yang bernilai 0 (nol) maka entrophy-nya di pastikan juga bernilai 0 (nol)
-          Jika kolom “Ya” dan “Tidak” mempunyai nilai yang sama maka entrophy-nya di pastikan juga bernilai 1 (satu)
Gain (kandang sendiri) = 0,979869 – (  ( (8/12) * 0,979869 ) + ( (4/12) * 1  ) )
                                      = 0,010246
Gain (latihan)              = 0,979869 – (  ( (8/12) * 0,811278 ) + ( (3/12) * 0, 918296  )  +
   ( (1/12) * 0  ) )
                                     = 0,209443

Dst

Setelah didapat hasil dari tabel 1 di atas maka cari nilai Gain yang tertinggi. Nilai gain tertinggi maka itulah yang menjadi akarnya.




Ket:
-          Mental merupakan gain terbesar, maka mental dijadikan sebuah akar
-          Pada tabel 1 dapat kita lihat bahwa pada mental yang menyatakan gerogi semuanya terletak pada kolom tidak sedangkan pada kolom ya bernilai nol. Maka dipastikan keluaran dari mental-gerogi yaitu tidak
-          Sedangkan pada mental-PD kolom ya dan tidak sama-sama berisi. Maka belum bisa kita pastikan keluarannya apa.
Langkah selanjutnya yaitu, melakukan pencarian akar dari mental-PD
Maka dihasilkan tabel 2 (node1.1)


-          Hitung jumlah keterangan Mental-PD pada soal dan letakkan pada kolom jumlah
-          Hitung Mental-PD yang menghasilkan keluaran (menang) ya, dan letakkan pada kolom ya. Begitu juga denga kolom tidak. Dst
-          Hitung entrophy
-          Hitung gain



Karena tidak ada akar yang akan dicari maka inilah hasil akhirnya.

12 komentar:

bos mau nanya nie, kebetulan saya sedang mengerjakan tugas akhir ttg pohon keputusan id3, cuma saya binggung nilai gain pada setiap atribut itu nol semua jadi saya binggung apakah atibutnya itu saya pilih hasilnya yaitu ya/tidak atau saya turunkan lagi atributnya...
mohon bantuannya...kirim ke email saya/ no hp saya:085654562306

Gan, kabetulan saya juga sedang TA dan algoritma yang saya gunakan c4.5

Kalau agan punya teori2 tentang algoritma tersebut, tolong kirimkan ke e-mail saya.
yar_tono@yahoo.co.id


Terima kasih gan sebelumnya..

assalamu'alaikum
bong, salam kenal sya syaifu. sedang cari terkait dengan tugas ta yg menyangkut algortihma c4.5 tolong kasih pengertian yg lengkap dengan algortihma c4.5. terimA KASIH BANTUANNYA. SYA TUNGGU JIKA TDK KEBERATAN KIRIM KE syazca@gmail.com.terima kasih

mas bro..untuk tabel 2 (node1.1) - itu gain tertinggi di latihan (0,543564) tetapi simpulnya kok di stamina dengan nilai gain (0,137925) bukankah nilai gain latihan lebih besar daripada stamina
mohon infonya

saya juga mempunyai artikel tentang pohon keputusan, bisa dibaca di: Pohon Keputusan, Demo Pohon Keputusan berbasis web, Jurnal Pohon Keputusan. semoga bermanfaat

sesat, masa stamina , harusnya kandang sendir dong ,
masa 0.1 lebih gede dari 0.5 haduh

kalo misalkan hasil gain stamin dengan gain mental hasilnya sama, yg harus dipilih yg mana kaka ?

Hadduh... sesat nich jawabannya... jangan sampe ada yang ngikutin nich...

Mas bisa minta jurnal pdfnya buat referensi skripsi ?
Ini nomer WA saya 081357851078

jgn diikutin,, salah ini mah,, total di tabel 12 kok diitungannya 14,, (-(7/14)*(ln(7/14)/ln(2))+ (-(5/14)*(ln(5/14)/ln(2)),, ini akibat copas aja tanpa dibaca lagi nih

Post a Comment